Kamis, 01 Mei 2014

Adat Istiadat Tana Toraja

Tulisan - Softskill - Bahasa Indonesia 2

Yayuk lestari

17211500

3EA14

Adat Istiadat Tana Toraja


Pada Tulisan kali ini saya akan menceritakan adat istiadat upacara pemakaman unik dari salah satu daerah di Indonesia yang bernama Tana Toraja.  

Toraja terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Salah satu adat istiadatnya yang paling unik adalah cara para masyarakat Toraja merayakan kematian seseorang di daerahnya.
Tanah Toraja dikenal atas kemewahan perayaan mereka akan kematian di pemakaman, kuburan, dan patung-patung. Tidak jauh di luar Rantepao, ibukota daerah Tana Toraja, pemakaman yang mahal dan penuh pertunjukan sering sekali dilakukan.
Masyarakat Toraja, atau masyarakat dataran tinggi, telah menjaga warisan kebudayaan sebelum dikenalkannya Kristiani melalui misionaris di tahun 1600. Selama berabad-abad, masyarakat Toraja telah memperlakukan kematian dengan perayaan besar, melalui ritual yang dramatis dan pemakaman yang amat rumit.

Ruang-ruangnya dipahat dengan tangan di batuan, suatu proses yang memakan waktu hingga satu tahun untuk diselesaikan dan biasanya mahal. Tanda pada kuburan bervariasi dari pintu kayu sederhana hingga tau tau yang penuh hiasan, atau patung kayu yang dipahat. Bayi dikuburkan di rongga-rongga pohon dan mayat mereka terserap oleh kulit kayu yang hidup.

Biaya pemakaman biasa mereka sangat besar. Sehingga tidak jarang para masyarakatnya mengalami masalah ekonomi pemakaman.
Praktek pemakaman begitu mewah dan mahal hingga banyak keluarga yang terjerat hutang untuk pembayaran perayaan pemakaman dari orang yang mereka cintai.
Hutang ini dibawa melalui generasi, sehingga anak-anak mereka pun sering kali lahir dengan hutang berkaitan dengan pemakaman orang yang belum pernah mereka kenal dan harus menghabiskan seluruh hidup mereka berusaha untuk membayar.

Meskipun acara pemakaman ini sangat rumit dan menelan biaya yang tidak sedikit, namun para masyarakat Tana Toraja tetap mempertahankan adat istiadat ini. Karena mereka menghormati dan mempercayai adat yang telah nenek moyangnya pertahankan sejak dulu.
Oleh karena itu, kita para masyarakat Indonesia harus bangga atas keragaman budaya yang ada di sekitar kita. Karena budaya adalah hal yang sangat berkaitan bagi diri kita. Dan selain itu budaya juga merupakan cerminan dari suatu bangsa.

(mongabay.com/ ONJI-20 )
jurnalindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar